Pages

Selasa, 09 Oktober 2012

Pengaruh-Pengaruh Faktor Ergonomik Terhadap Stasiun Kerja




Berdasarkan gambar diatas, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dan kenyamanan dalam ruang lingkup Stasiun Kerja, meliputi :

1. Faktor Global/Umum yang harus diperhatikan
2. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kesalahan user
3. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kenyamanan Tata Letak Hardware

Adapun sub-faktor tersebut diatas adalah :

1. Faktor Global/Umum yang harus diperhatikanSecara umum faktor yang sangat mempengaruhi user dalam stasiun kerja adalah Sudut penglihatan (Viewing Angle), Jarak Pandang Penglihatan/Mata (Viewing Distance), dan Ketinggian/Posisi Papan Ketik (Keyboard Height).
Ketiga bagian tersebut apabila pada tahap awal tidak diperhatikan, maka akan berpengaruh besar terhapada organ tubuh pada saat melakukan aktivitas.
Sudut penglihatan sangat berhubungan erat dengan beban pada leher, punggung dan bahu, Jarak Penglihatan akan mempengaruhi daya ketajaman penglihatan dan tanpa disadari akan membuat mata menjadi cepat lelah.
Ketinggian/Posisi Papan Ketik berhubungan erat dengan tekanan pada lengan dan tangan, memang pada saat kita melakukan aktifitas pengetikan tidak atau belum begitu terasa efeknya. Namun, setelah aktifitas kerja berakhir baru terasa pegal/kram pada tangan.

2. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kesalahan user
Beban Visual : berupa iritasi mata, pandangan yang menjadi kabur/tidak fokus dan kadang-kadang disertai dengan munculnya rasa pening pada kepala.

Beban Otot: berupa kelelahan otot, ketegangan otot, dan rasa sakit pada beberapa bagian persendian, seperti sikut, jari-jari tangan, dan leher.
Beban Postur dan berat tubuh : berhubungan erat dengan berbagai otot yang digunakan tubuh untuk mempertahankan posisi tegak selama seseorang duduk di kursi, seperti otot punggung dan pinggang, lutut dan tumit.
Beban tekanan mental/emosi : Dapat muncul dalam bentuk rasa cemas, rasa tertekan (depresi), reaksi-reaksi seperti bosan, dan tidak puas.

3. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kenyamanan Pandangan Tata Letak HardwareaJarak antara mata dan layar monitor (Viewing Distance)
aKetinggian layar (Scree Height)
aLetak ketinggian Papan Ketik (Keyboard Height)
aKetinggian meja (Table Height)
aAlat Pemegang dukomen (Document Holder)
aRuang kenyamanan Sikut (Elbow Rest)
aTumpuan pergelangan tangan (Wrist Rest)
aSudut Tempat Duduk (Seatback Angle)
aKetinggian Tempat Duduk (Seat Pan Henight)

Syam Aji Purbowiyoto
0955201052



Tidak ada komentar:

Posting Komentar