Pages

Selasa, 02 Oktober 2012


PORT PADA KOMPUTER

OLEH : AHMAD SYIFA' NAILUL WAFAR


APA ITU PORT...........!!!!???????????

PORT adalah suatu saluran yang memungkinkan untuk dilewati oleh data. PORT sebenarnya berupa suatu alamat pada stack jaringan kernel, sebagai sarana dimana transport layer mengelola koneksi dan melakukan pertukaran data antar komputer. PORT ibarat pintu bagi rumah kita. Kita mempergunakan pintu untuk berinteraksi dengan dunia luar, melakukan hubungan dengan orang-orang di luar rumah dan mengunjungi tempat-tempat lain (pintu-pintu milik orang lain).

    Demikian juga dengan fungsi PORT. Dengan adanya PORT, kita dapat mengakses perangkat-perangkat luar seperti Flashdisk, printer, dan lain sebagainya. Dengan adanya PORT kita dapat browsing ke situs-situs kesayangan kita, kita dapat mengakses FTP, kita dapat mengirim email kepada kerabat-kerabat kita dan melakukan banyak aktivitas menyenangkan lainnya.
JENIS PORT ANTARA LAIN
Ada 2 jenis PORT yang ada dalam komputer kita, yaitu PORT fisik dan PORT perangkat lunak atau biasa disebut PORT logikal.
---//PORT FISIK

    PORT Fisik ialah slot yang berada di CPU kita. Contohnya  USB, COM1, COM2 dan lain sebagainya. Melalui saluran inilah kita menghubungkan perangkat luar dengan komputer.

---//PORT LOGIKAL

    Port logikal merupakan PORT yang dipergunakan oleh software/aplikasi untuk berinteraksi dengan komputer lain. Ketika Anda melakukan browsing ke suatu situs, komputer anda akan membuka PORT secara acak diatas PORT 1023 lalu membuka PORT 80 pada situs tujuan. Dengan adanya PORT yang terbuka inilah kita bisa beraktivitas saat berselancar di Internet. Dengan adanya PORT yang terbuka inilah suatu proses Hacking memungkinkan untuk dilakukan ;)

    Port Logikal ini sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

1.  WELL KNOWN PORT
    PORT jenis ini ialah PORT yang banyak dikenal oleh para pengguna komputer dan paling sering dipergunakan. PORT ini memiliki range dari 0-1023. Contoh dari well known PORT ialah: PORT 21 (ftp), PORT 22 (ssh), PORT 23 (telnet), PORT 45 (SMTP), http (80), dll.

2.  Registered PORTs
    Nah, PORT jenis ini telah kita singgung tadi. PORT ini memiliki range dari 1024-49151, biasanya dibuka secara acak sementara waktu oleh komputer kita saat berkomunikasi dengan menggunakan remote server. Ketika aktivitas hubungan client-server berakhir, PORT ini akan ditutup kembali.

3.  The Dynamic/Private PORTs
    Port bagian ini merupakan PORT yang menjadi pintu favorit bagi kebanyakan Trojan (walaupun ada juga aplikasi legal yang mengggunakan range ini). Range dari PORT ini ialah 49152-65535. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar